Senin, 17 Oktober 2016

Permainan Tradisional - Kuaci


Cara Memainkannya
1. Kuaci dibagikan secara merata kepada pemain. Misal, ada 30 kuaci dan ada 3 orang pemain, berarti masing-masing pemain mendapatkan 10 kuaci.
2. Para pemain hompimpa untuk mengetahui siapa yg memainkan kuaci yg pertama kali.
3. Setelah mengetahui siapa pemain pertama, kedua, dan ketiga. Pemain pertama harus menyembunyikan kuaci tersebuat didalam genggaman tangannya, lalu kemudian pemain kedua dan ktiga harus menebak ada berapa kuaci yang terdapat dalam genggaman tangan pemain pertama.
4. Apabila pada salah satu pemain dapat menebak ada berapa kuaci dalam satu genggaman pemain pertama, salah satu pemain tersebut dapat memiliki kuaci yang ada dalam genggaman pemain pertama.

Pengalamanku Main Kuaci
       Dulu, sewaktu aku masih kecil, aku suka banget sama yang namanya main-main, apalagi main permainan yang bisa dimainin bareng-bareng dan mainan itu bisa diserakin ke lantai, wahh... jadikan nampaknya mainanku banyak. Tapi... jadinya mama marah. Jadi waktu itu aku gak sengaja bongkar-bongkar tas mainan punya kakak aku, aku menemukan sesuatu benda yg bentuknya bermacam-macam, ada yang berbentuk hewan, wajah manusia, tangan, dan warnanya juga beragam, merah, hijau, biru, orange, hijau lumut, hijau daun dan beragam warna lainnya. Jadi karena penasaran benda itu apa, aku bertanya sama mama, dan ternyata benda itu namanya KUACI, pertamanya aku bingung kok namanya kuaci, padahal yang biasa didenger dengan nama kuaci itu makanan. Kemudian setelahku telusuri ternyata itu benda memang bukan makanan.
       Dan ternyata benda itu adalah mainan, abis itu aku minta tolong diajarain sama mama kayak mana cara mainin kuaci ini. Jadi ternyata permainan ini dimainkan dengan cara menyembunyikan beberapa kuaci didalam genggaman tangan kita dan pemain lain harus menebak ada berapa kuaci didalam genggaman tangan kita. Apabila pemain lain tidak mengetahui ada berapa kuaci didalam genggaman tangan kita, maka kuaci yang di dalam genggaman tangan kita tetap menjadi milik kita, dan sebaliknya apabila pemain lain mengetahui ada berapa kuaci didalam genggaman tangan kita, maka kuaci yang ada didalam genggaman tangan kita menjadi milik pemain lain. Dan begitu lah pengalamanku memainkan permainan tradisional kuaci.

7 komentar:

  1. Kw telusuri mainannya berarti kw cicipilh mainannya? Haha😂

    BalasHapus
  2. Kw telusuri mainannya berarti kw cicipilh mainannya? Haha😂

    BalasHapus
  3. Mainan ini masih ada yg jual gak ya? Sy lg nyari2 soalnya, ada info yg jual online? Makasih

    BalasHapus
  4. Masih ada pabrik nya gak yah? Atau stock barang lama?

    BalasHapus
  5. Masih ada di jual tidak yah.. saya mau anak2 jama sekarang dikenalkan sejarah mainan anak perempuan tahun 80an spt ini..

    BalasHapus
  6. Iya...
    Masih adakah pabrik yg buat ne???
    Anakku mau sya ajarkan main ne biar jngan maen hp aja

    BalasHapus
  7. Saya pingin kli main kuaci ini,, biarteringat kala kenak marah sama amak baju selalu kotor

    BalasHapus